Kamis, 23 April 2009

4 Cara Menjaga Kualitas Sperma

Jika mulai detik ini para pria tidak mau menjaga pola makan dan gaya hidupnya yang kurang baik, maka bisa dipastikan kelak saat berusia 50 tahun, kualitas hubungan seksual serta produksi sperma mereka akan mengalami penurunan kualitas secara dratis. Tak percaya? Sebuah penelitian yang dilakukan di Mayo Clinic menyatakan bahwa rata-rata sperma pria akan mengalami penurunan sekitar 50 persen dalam kurun waktu 50 tahun. Dan kondisi ini akan terus berkurang hingga dua persen setiap tahun.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, berikut ini petunjuk bagaimana meningkatkan tingkat kesuburan bagi pria:

*Selalu gunakan celana longgar

Sebuah penelitian di Universitas Milan, Inggris menemukan bahwa pria yang memakai celana ketat hampir dua kali mengalami masalah kesuburan dibandingkan dengan yang memakai celana longgar. Menurut para ahli fertilitas memakai celana lebih longgar akan membantu menjaga testis tetap sejuk sehingga meningkatkan produksi sperma. Cenala jins atau celana ketat membuat testis tertekan pada tubuh, sehingga temperatur testis jadi menghangat. Nah, temperatur hangat inilah yang bisa menurunkan produksi sperma.

*Berhentilah merokok dan hindari alkohol

Sejumlah penelitian menemukan bahwa rusaknya membran sperma dan ’malas’-nya sperma untuk ’berenang’ mencapai sel telur banyak disebabkan karena efek negatif rokok. Tak hanya itu, merokok juga dapat merubah DNA sperma sebagai penyebab kecacatan pada bayi. Demikian juga dengan alkohol, minuman ini dapat mempengaruhi produksi sperma, serta dapat menurunkan tingkat testoteron sampai 20 persen.

*Cobalah beralih ke produk organik

Untuk membatasi resiko ketidaksuburan, maka para ahli fertilitas di negara-negara besar seperti Amerika dan Australia menyarankan pada para pria untuk beralih pada makanan yang dihasilkan dari bahan organik yang tidak mengadung pestisida. Hal ini karena kandungan pestisida yang telah menumpuk dalam tubuh bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pria.

*Berpikirlah untuk menjadi seorang ayah

Para peneliti di Portugal menemukan pria yang berusaha menjadi seorang ayah dapat meningkatkan kesempatan sukses mereka hanya dengan memikirkannya. Mereka menemukan bahwa pria yang ingin menjadi ayah memiliki koordinasi seks yang lebih baik dengan pasanganya selama tingkat tetsoteron puncak dibanding pria yang tidak menging

Tidak ada komentar: