Selasa, 24 November 2009

Tips Bugar Singkat

Cara SINGKAT Agar Tetap Bugar!

Mereka yang mengklaim diri mereka ”tidak punya waktu” seringkali keliru tentang hubungan antara lamanya waktu latihan di gym dengan hasil kebugaran yang didapat dari latihan itu. Semakin lama belum tentu semakin bagus lho hasilnya!

Pernah mendengar Prinsip Pareto? Prinsip ini ditemukan oleh seorang ekonom Italia: Vilfredo Pareto yang mengatakan bahwa 80% kekayaan negara Italia dimiliki oleh 20% penduduknya. Ternyata prinsip yang sama dapat diterapkan pada beberapa bentuk latihan fisik.

Umumnya orang menyediakan waktu 60 menit atau lebih di gym. Padahal, bisa jadi hanya 12 menit dari waktu tersebut yang memberikan 80% hasil latihan. Untuk Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu di gym, seorang peneliti dari Jepang menyarankan metode HIIT (High Intensity Intermittent Training) atau dalam bahasa Indonesia: Latihan Intensitas Tinggi secara Putus-putus.


Tipe alat/mesin apapun dapat digunakan untuk melakukan HIIT asal Anda dapat mengatur tingkat intensitasnya. Sebagai contoh adalah sepeda statis. Mulailah dengan mengayuh selama 3-4 menit untuk proses warming up. Lalu naikkan level kesulitan dan kayuh sepeda sekuat-kuatnya dan secepat-cepatnya selama 15-20 detik. Berkutnya turunkan kembali level kesulitan dan kayuh sepeda dengan kecepatan rendah selama 10-45 detik. Semakin pendek waktu istirahat ini, semakin besar efektifitas latihan. Ulangi latihan ini 5-10 kali dan jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama 4-5 menit setelah satu sesi HIIT selesai. Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan: HIIT termasuk latihan yang ekstrim sehingga jika dilakukan terus-menerus dapat menyebabkan cidera otot. Karenanya, cukup lakukan latihan ini dua hari sekali.


Perlu diingat bahwa HIIT tidak hanya dapat dilakukan pada sepeda statis. Lari di tempatpun dapat menjadi salah satu bentuk latihan HIIT di saat Anda tidak ada waktu ke gym dan hanya dapat melakukan latihan di rumah, tanpa alat apapun.


OK, bagi Anda yang merasa ”tidak punya waktu”, tertarik mencoba?


Copyright L-Men Institute

Tidak ada komentar: